Monday, November 15, 2010

11 Tips Untuk Wawancara Kerja

Barangkali 11 Tips berdasarkan pengalaman Susan Gillihan saat menjadi pewawancara kerja berikut ini akan sangat bermanfaat buat Anda dalam mempersiapkan wawancara pekerjaan yang paling Anda tunggu-tunggu.

1. Tampilkan diri Anda beberapa menit sebelum mulai wawancara

Selalu pastikan bahwa Anda tepat waktu. Saya orang yang sibuk dan saya tidak akan mentolerir untuk menunggu Anda sampai Anda datang! Jika Anda datang 10 menit lebih awal dari jadwal, Anda dapat mengambil waktu untuk membiarkan mata Anda mengembara, untuk melihat apa yang terjadi di sekeliling Anda. Saya sarankan Anda datang 1 – 2 jam sebelum wawancara.

2. Pakaian yang Pantas

Tidak peduli apa pekerjaan itu, ketika pergi untuk wawancara, Anda harus berpakaian terbaik Anda. Anda harus membuat kesan terbaik yang Anda bisa. Pakaian anda harus bersih dan bebas dari kerutan. Bagian tubuh sensitif Anda juga sebaiknya tertutup. Sepatu Anda juga harus diperhatikan, jangan menggunakan sepatu tenis saat wawancara seperti ini.

3. Kebersihan

Mengenakan baju bersih tetapi badan Anda sendiri kotor, akan membuat saya bertanya-tanya, apakah ada hal buruk lain yang mungkin Anda sembunyikan dari saya.

4. Rambut

Rambut Anda harus terawat. Jika Anda seorang pria, rambut di wajah Anda harus dipotong rapi. Ini akan menunjukkan kepada saya bahwa Anda telah memperhatikan soal penampilan. Bagi seorang wanita, make up harus sesuai. Saya lebih suka Anda tidak memakai make up daripada terlalu banyak make up.

5. Salam yang Hangat

Saya ingin disambut dengan baik, “Hai, nama saya adalah (masukkan nama di sini), aku ada janji (sisipkan waktu di sini) untuk wawancara.” Semua ini sambil mengulurkan tangan untuk menjabat tangank saya dan tersenyum. Saya ingin melihat apakah Anda ramah. Jika Anda akan bekerja secara tim, hal ini akan menjadi penting.

Saya juga ingin jabat tangan erat. Saya tidak ingin merasa seolah-olah saya sedang menggoyang-goyangkan mie yang lemas. Hal ini berlaku baik untuk perempuan maupun laki-laki. Jabat tangan menunjukkan kepada saya rasa percaya diri Anda.

6. Etika

JANGAN duduk sampai saya meminta Anda untuk duduk. Jika Anda langsung duduk di kursi dan membuat diri Anda nyaman sebelum saya meminta Anda, ini akan membuat saya tidak senang. Hal ini menandakan bahwa Anda akan melakukan seperti yang anda inginkan saat bekerja, dan apapun yang saya katakan akan Anda abaikan.

Ketika Anda duduk di kursi setelah ditawarkan, silakan lakukan dengan lembut. Ingat, Anda tidak sedang di rumah Anda sendiri. Ini adalah furnitur saya. Juga perlu diingat hal-hal di atas meja saya, itu semua milik saya. Jangan menyentuh sesuatu yang bukan milik Anda.

7. Bahasa

Ketika saya mengajukan pertanyaan dan jawabannya adalah “Ya” atau “Tidak”, saya ingin jawaban itu dengan jelas. Jawablah sesuai pertanyaan. Jangan berbelit-belit.

Menggunakan kata-kata yang halus di sekitar teman-teman Anda tidak akan membuat saya terkesan. Saya tidak ingin mendengar kata-kata slang, ataupun kata-kata sumpah. Saya akan mengajukan pertanyaan di mana aku ingin jawaban yang lebih rinci, dan aku akan menangkap kata-kata slang. Setiap kata yang disingkat menjadi sesuatu yang lain akan dianggap gaul. Saya hanya perlu tahu apakah Anda dapat melakukan percakapan yang tepat.

8. Kepercayaan Diri

Saya ingin melihat sedikit kepercayaan untuk apapun pekerjaan yang Anda lamar. Jika anda belum pernah melakukan hal ini sebelumnya, mungkin saya tawarkan pelatihan lebih dulu. Tapi saya perlu tahu bahwa Anda bersedia untuk belajar.

Ketika berbicara dengan saya, saya tidak ingin mendengar kata-kata Anda yang tegang, atau berbicara sambil berteriak yang tidak perlu. Saya harus meminta Anda untuk mengulangi perkataan Anda lagi, karena saya tidak mendengar apa yang Anda katakan tadi. Aku akan berbicara dengan jelas kepada Anda, dan tolong menahan diri dari mengatakan ‘Hah?’. Anda mungkin bertanya kepada saya “Maaf, Bisa tolong ulangi lagi!”, tetapi jika saya harus melakukannya lebih dari sekali, saya bisa merasa bahwa Anda tidak memperhatikan apa yang saya katakan.

Jika ada pertanyaan saya yang tidak Anda mengerti, Anda bisa meminta saya untuk menjelaskan. Tapi karena kita berada di Wawancara, jika Anda tidak memahami pertanyaan saya, berarti Anda tidak siap untuk pekerjaan ini.

9. Membanggakan diri dan membual

Jangan terlalu percaya diri. Saya tidak ingin mendengar tentang bagaimana hebatnya Anda. Kisah Anda dapat membuat cerita menarik untuk teman-teman Anda, tapi saya benar-benar tidak ingin mendengar mereka. Saya orang sibuk yang telah menyisihkan waktu mewawancarai anda untuk sebuah pekerjaan.

10. Handphone

Jika memungkinkan, biarkan di dalam kendaraan Anda. Atau matikan SEBELUM wawancara. Jika Anda lupa membuatnya silent, jangan mengambil dan mematikannya, kecuali ia memiliki nada dering yang keras. Jangan, bahkan untuk satu detik, mengatakan “Hanya sebentar, biarkan aku mengangkat panggilan ini”. Anda mungkin berkata, “Tentu saja Anda memiliki banyak ‘detik’, karena Anda tidak punya pekerjaan.” Jika saya harus menjawab telepon selama wawancara, yang tentu saja bisa diterima karena saya memiliki pekerjaan yang mungkin perlu hadir. Hal ini jangan dianggap ‘waktu luang’ Anda untuk berjalan-jalan, atau bahkan berbicara sementara saya menelepon.

11. Ketika wawancara selesai

Ketika saya berdiri dan berkata “Terima kasih atas kedatangannya. Saya akan mewawancarai pelamar lainnya. Saya akan membuat keputusan saya nanti”. Ini adalah isyarat bahwa wawancara sudah berakhir. Jangan tanya saya pada saat itu, “Apakah saya mendapatkan pekerjaan ini?” Maaf, Anda harus berdiri saat ini juga, meraih tanganku, jabat tangan perpisahan sambil tersenyum dan berkata “Terima kasih untuk mempertimbangkan permohonan saya. Saya berharap untuk mendengar panggilan dari Anda segera. ”

Apa yang akan saya lakukan ketika anda sudah pergi?

Setelah Anda pergi, saya akan berbicara dengan mereka yang mungkin telah bertemu dengan Anda. Saya akan mencari tahu apakah Anda kasar atau ada orang lain diperlakukan tidak enak, ataupun Anda menyenangkan dan ramah dengan staf saya.

Anda dapat menelepon sehari atau dua hari sekali untuk ‘memeriksa’ lamaran Anda. Ini akan membuat saya terkesan dan meyakinkan saya bahwa Anda benar-benar menginginkan pekerjaan tersebut.

Ini hanya beberapa tips yang untuk beberapa orang mungkin tampak biasa. Tetapi ini akan membantu Anda dalam membuat kesan yang baik selama wawancara pertama. Anda tidak pernah mendapatkan kesempatan kedua untuk membuat kesan pertama yang baik.

Selamat mencoba!

Sumber
http://adabisnis.com

No comments:

Post a Comment